to travel is to live

CERITA GILA KAMBOJA ALA TIA

Backpackeran ku kali ini di mulai dari Cambodia. Alih” dapet tiket murah one way 1juta dari Jkt-phom penh akhirnya aku booking.

17 mei 2023 aku flight dari Jakarta pukul 10 malem sampai di Bandara Phom Penh pukul 1.30 tengah malem. Tapi aku gak khawatir tidur dimana karena aku udah ada Host di Phnompenh namanya Ayman, dia expatriate dari Egypt. Tinggal selama semalem disana.

Paginya aku explore koya phnom penh sendiri dan sewa motor.

Sewa motor selama setengah hari seharga 55k bensin 30K. Fyi disini bensinnya mahal banget gila. Dan please jangan kaget yak kalau misalkan helm nya mirip helm proyek lol.

Karena cuaca panas bgt aku mampir ke Mixue, disini ada dan banyak. Oiyaa btw kalau kalian tanya aku tuker uangnya gimana aku tuker dolar dulu, dan disini juga mereka menerima dolar ya. Tapi nanti kembalianya pake cambodian riel.

Terus aku mau masuk ke museum genosida tapi mahal bgt 10$ yaudah gajadi ajalah hahahaha cari yang murah aja. Jadi aku ke Wat Phnom Daun Penh ini bayar sekitar 2$ ini kaya kuil budha gitu. Dan ini di pusat pemerintahan phnom penh.

Siangnya aku coba cari makanan halal dekat sini dan nemu tp yak agak mahal sih huhuu. Terus aku menuju masjid terbesar di phompenh ini namanya Al Serkal Mosque.

Sekitar pukul 3 sore aku ke The Elysee ini kaya modern place Europe tp sebenernya ini ruko” buat bisnis gitu cuman sepi bgt. Setelah selesai aku balikin motor, jalan kaki ke rumah Ayman. Anw disini aku jalan kaki sehari bisa 10km yaa.

Malem siap” buat move ke stung treng perbatasan Cambodia dan Laos.

Pukul 7 malem aku jalan” ke night market di phnom penh, terus beli tiket sleeper bus ke stung treng seharga 100ribuan.

Pagi di Stung Treng

Pagi” jam 6 aku udah sampai di Stung Treng dan dijemput host aku Keda untuk ke rumah dia. Di stung treng aku nginep semalem dan aku berkesempatan membantu keda buat ngajarin basic english di Sekolah dasar di sana. Jadi mirip ekstrakulikuler gitu sih, bareng anak” usia 6-15 tahun. Dan pas itu aku bareng sama salah satu Couchsurfing juga.

Sebelumnya aku bantuin masak dulu karena istri keda lagi hamil. Parah bgt mana aku gabisa masak lol

Pukul 1 pelajaran di mulai, 30 menit istirahat dan dilanjut lagi sampai jam 3 sore. We had so much fun. Disini aku bawain jajan buat anak” biar semangat. Ini adalah pengalaman berharga buat aku, kalau aku gak traveling aku gak akan ngrasain kaya gini gilsssss.

Pukul 5 aku ada kelas lagi tapi kali ini di rumah keda, dengan bayar 5ribu rupiah perhari, anak” bisa buat belajar bahasa inggris. Antusias anak” disini buat belajar bahasa inggris emang keren banget sih.

Malemnyaa aku cuma ngobrol sama keda dan anak” Couchsurfing lainya. Disini aku tidur cepet karena besok pagi mau lnjut ke border laos. Dan aku akan melakukan hal gila menurut aku, yaitu Hitchhiking sooooo tungguin yaaaaa ✨✨✨